10 Ilmuwan Fisika Terkenal - Biodata Tokoh- Tokoh Dunia
Senin, 15 April 2013


1.Albert Einstein
Albert Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Württemberg, Kerajaan Jerman pada tanggal 14 Maret 1879 dan meninggal di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat pada tanggal 18 April 1955. Ia adalah ilmuwan fisika terbesar dalam abad ke-20. Ia mengemukakan teori relativitas. Kata Einstein dianggap berarti kecerdasan atau genius. Untuk menghargai atas jasa-jasanya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai Einstein, sebuah unsure kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein. Rumus yang paling terkenal adalah E=mc².
2.Alexander Graham Bell
Alexander Graham Bell lahir di Edinburgh, Skotlandia, Inggris pada tanggal 3 Maret 1847 dan meninggal akibat komplikasi dari diabetes di Beinn Bhreagh, Nova Scotia, Kanada pada tanggal 2 Agustus 1922. Ia merupakan seorang Ilmuwan, insinyur, Profesor di Boston University, Guru orang tuli dan bahkan penemu telepon. Ia juga termasuk pekerjaan terobosan dalam telekomunikasi optik, hydrofoils dan aeronautika. Pada 1888, Ia menjadi anggota pendiri dari National Geographic Society. Ia digambarkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah manusia.
Albert Einstein, Alexander Graham Bell, Archimedes, Aristoteles
3.Archimedes
Archimedes lahir di Syracuse, Sisilia pada tahun c.287 SM dan meninggal pada tahun c.212 SM di Syracuse. Ia adalah seorang ahli matematika Yunani, fisika, insinyur, penemu, dan astronom. Ia menemukan Archimedes ‘prinsip, Archimedes sekrup, Claw Archimedes dan Panas Sinar.
4.Aristoteles
Aristoteles lahir di Stageira, Chalcidice pada tahun 384 SM dan meninggal pada tahun 322 SM di Euboea. Ia adalah seorang Yunani filsuf dan polymath, seorang mahasiswa dari Plato dan guru dari Alexander Agung. Tulisan-tulisan Aristoteles adalah yang pertama membuat system yang komprehensif filsafat Barat, meliputi moralitas, estetika, logika, ilmu pengetahuan, politik, dan metafisika. Meskipun Ia menulis risalah yang elegan banyak dan dialog, diperkirakan bahwa sebagian tulisan-tulisannya hilang dan hanya sekitar sepertiga dari karya asli telah bertahan.
5.Galileo Galilei
Galileo Galilei lahir di Pisa, Toscana – Italia pada tanggal 15 Februari 1564 dan meninggal pada tanggal 8 Januari 1642 di Arcetri, Toscana – Italia. Ia adalah seoarang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah. Ia telah menyempurnakan teleskop, mengamati berbagai pengamatan astronomi dan juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi mengelilingi matahari. Galileo dianggap sebagai penyumbang terbesar bagi dunia sains modern, dan sering disebut sebagai “Bapak Astronomi Modern”, “Bapak  Fisika Modern’, dan “Bapak Sains”.
Galileo Galilei, Georg Ohm, John Dalton
6.Georg Ohm
Georg Ohm lahir di Erlangen, Bavaria pada tanggal 16 Maret 1789 dan meninggal pada tanggal 6 Juli 1854 di Munich, Bavaria. Ia adalah seorang ahli fisika dan matematika. Ia menggunakan peralatan ciptaanya sendiri dan menemukan bahwa ada proporsionalitas langsung antara beda potensial diterapkan di konduktor dan resultan arus listrik, hubungan ini dikenal dengan Hukum Ohm.
7.John Dalton
John Dalton lahir di Eaglesfied, Cumberland, Inggris pada tanggal 6 September 1766 dan meninggal pada tanggal 27 Juli 1844 di Manchester, Inggris. Ia adalah seorang ahli kimia, ahli meteorologi dan fisikawan. Ia dikenal karena kepeloporannya dalam pengembangan modern teori atom, Hukum Proporsi, Hukum Daltn Tekanan Parsial, dan Daltonism.
8.Isaac Newton
Sir Isaac Newton lahir di Woolsthorpe-by-Colsterwoth, Lincolnshire pada tanggal 4 Januari 1643 dan meninggal pada tanggal 31 Maret 1727. Ia adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, dan teolog. Ia adalah pengikut dari aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah dan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik. Newton menjabarkan hokum gravitasi dan tiga hokum gerak yang mendominasi pandangan sains dalam karyanya.
9.Niels Bohr
Niels Bohr lahir di Kopenhagen, Denmark pada tanggal 7 Oktober 1885 dan meninggal pada tanggal 18 November 1862 di Kopenhagen, Denmark. Ia adalah ahli fisika dan pernah meraih hadiah Nobel Fisika paa tahun 1922. Ia menerapkan konsep kuantum yang menggambarkan bahwa atom tersusun dari inti atom yang dikelilingi oleh orbit elektron.
10.Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari 1847 dan meninggal pada tanggal 18 Oktober 1931 di West Orange, New Jersey. Ia adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting dan juga merupakan penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi missal pada proses penemuan.
Isaac Newton, Niels Bohr, Thomas Alva Edison

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Google | Yahoo | Bing|Fullseoblog